Serba Serbi PKPI Kembali Masuk Zona 10 Besar | BABEGUS.COM

Serba Serbi PKPI Kembali Masuk Zona 10 Besar

Serba Serbi PKPI Kembali Masuk Zona 10 Besar

Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Abdullah Makhmud Hendropriyono (tengah berpeci) bersorak ramai usai partainya ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 dengan nomor urut 20. Penetapan peserta dan nomor urut PKPI sebagai peserta Pemilu mendatang tersebut digelar dalam rapat pleno terbuka KPU RI di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (13/4/2018). Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PKPI Resmi Ikut Pemilu 2019 dengan Nomor Urut 20", https://nasional.kompas.com/read/2018/04/13/10582051/pkpi-resmi-ikut-pemilu-2019-dengan-nomor-urut-20. Penulis : Moh Nadlir Editor : Sandro Gatra


Jakarta, Babegus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia dipelopori Gerakan Keadilan dan Persatuan Bangsa (GKPB) pada 1998. Partai ini sebelumnya bernama Partai Keadilan dan Persatuan, dan dideklarasikan pada 15 Januari 1999.

Pada tahun kelahirannya, partai yang saat ini dikenal dengan singkatan PKPI ini mengikuti Pemilihan Umum (pemilu) pertamanya. Sayangnya, hasil yang didapatkan kurang memuaskan.

Partai yang saat itu dipimpin Edi Sudradjat ini hanya memperoleh 1.065.686 suara (1,01%). Angka itu tidak memenuhi syarat untuk maju ke pemilu berikutnya sehingga partai tersebut lahir baru dengan tambahan unsur kata ‘Indonesia’ pada 9 September 2002.

Namun, pergantian nama bukannya menaikan peringkat PKPI di ajang pemilu malah mengeluarkannya dari zona 10 besar pada Pemilu 2004. Meski total pemilih naik menjadi 1.424.240 (1,26%), PKPI tetap kehilangan 3 dari 4 kursi yang dimilikinya di gedung DPR.

Ribuan Marketer sudah memakai tool ini untuk

Mengelola semua akun media sosial Facebook & Instagram

Nikmati kemudahan, posting terjadwal, dan upload langsung dari komputer.

Keadaan justru memburuk pada Pemilu 2009. Alih-alih bangkit, perolehan suara PKPI malah menurun hingga 0,9% yang menyebabkan partai ini kehilangan seluruh kursinya di Senayan. Partai yang sempat berganti logo ini mengalami sedikit kenaikan suara di tahun 2014, tetapi tetap tidak mampu meloloskan kadernya ke gedung DPR.

Tahun 2019 menjadi awalan yang baru bagi partai yang konsisten mengandalkan purnawirawan Tentara Nasional Indonesia sebagai kadernya. Meski sempat dinyatakan gagal oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), PKPI akhirnya lolos dan mendapat nomor urut terakhir yakni 20 pada ajang pesta demokrasi 2019.

Dukung Jokowi

Ketua Umum PKPI periode ini, Diaz Hendropriyono menuturkan, partainya menargetkan 5% suara di Pemilu Legislatif tahun depan, dan akan fokus pada kursi di Pulau Jawa.

Demi mencapai target tersebut, PKPI membentuk beberapa bidang di antaranya bidang kesejahteraan prajurit dan veteran, bidang departemen e-sport, bidang komunikasi publik, dan departemen media sosial. Tak hanya untuk menarik suara pemilih, bidang-bidang tersebut juga diharapkan dapat mewadahi kelompok-kelompok masyarakat untuk mendapat hak-haknya.

Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, mantan Ketua Umum PKPI yang juga adalah ayah dari Ketua Umum PKPI saat ini, AM Hendropriyono menyatakan partainya mengharamkan oposisi. Oleh karena itu, PKPI dipastikan berada di barisan pendukung Jokowi sebagai calon presiden.

 

Sumber: Liputan6

Pasang Iklan Banner Gratis Selamanya

Pasang Iklan Banner Gratis Selamanya

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH & PROFESIONAL

Website: www.amubaweb.com

Melayani Pembuatan Website: Berita, Profile Caleg, Profile Perusahaan, Organisasi atau Sekolah, Toko Online, dan lain-lain.Domain Gratis, Hosting Unlimited, Tampilan sesuai Permintaan, Aman dari Hacker. Hubungi: Telp./WA: +6281294635834

Subscribe

Mari bergabung dengan 3.889 pelanggan Babegus.com dengan memasukkan E-mail aktif Anda di bawah ini. E-mail Anda dirahasiakan. Terima kasih.