Presiden Jokowi Sebut Kasus Suap Muncul Akibat Pelayanan Ribet dan Ruwet | BABEGUS.COM

Presiden Jokowi Sebut Kasus Suap Muncul Akibat Pelayanan Ribet dan Ruwet

Presiden Jokowi Sebut Kasus Suap Muncul Akibat Pelayanan Ribet dan Ruwet

Presiden Jokowi bicara soal pentingnya memangkas birokrasi dan perizinan


 

Jakarta, Babegus – Urgensi percepatan penyederhanaan perizinan serta sistem layanan publik kembali ditegaskan Presiden Joko Widodo. Berbagai program dan terobosan dibuat pemerintah. Namun rumitnya sistem birokrasi masih sering dikeluhkan pelaku usaha, calon investor, maupun masyarakat.

Jokowi mengingatkan pentingnya memangkas proses birokrasi yang panjang baik di kementerian atau lembaga, atau pemda sebagai solusi pencegahan korupsi. Adanya penyuapan menunjukan masih ada pelayanan birokrasi yang ruwet, bertele-tele, dan tidak transparan.

“Yang menyuap itu pasti pelayanannya ruwet, ribet , bertele-tele, lama tidak transparan, karena pengusaha pengin cepet satu-satunya cara suap, ini yang harus kita benahi sistem pelayanan yang cepat dan transparan,” ujar Jokowi di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta, Selasa (4/12).

Ribuan Marketer sudah memakai tool ini untuk

Mengelola semua akun media sosial Facebook & Instagram

Nikmati kemudahan, posting terjadwal, dan upload langsung dari komputer.

Ribuan aturan telah dipangkas dalam beberapa tahun terakhir. Implementasi penyediaan layanan berbasis elektronik termasuk e-budgeting, e-planning, serta pengurusan perizinan usaha secara elektronik juga diterapkan untuk menciptakan sistem yang transparan.

“Pangkas regulasi yang mempersulit langkah yang membuat jebakan-jebakan kesalahan. Lakukan debirokratisasi dan tingkatkan efisiensi. Selalu berorientasi pada goal, hasil bukan procedur oriented, payung ekosistem itu jadi bagian terintegrasi dalam pemberantasan korupsi,” tambahnya.

Data dari pemerintah melalui Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mencatat 80 persen korupsi yang dilakukan penyelenggara negara melibatkan pihak swasta. Dalam periode tahun 2004 hingga Mei 2018, tercatat ada 198 pihak swasta yang terlibat korupsi. Mayoritas mengaku terpaksa menyuap karena dipersulit birokrat termasuk terkait perizinan dan pekerjaan.

 

 

 

 

Sumber: BeritaSatu TV

Pasang Iklan Banner Gratis Selamanya

Pasang Iklan Banner Gratis Selamanya

JASA PEMBUATAN WEBSITE MURAH & PROFESIONAL

Website: www.amubaweb.com

Melayani Pembuatan Website: Berita, Profile Caleg, Profile Perusahaan, Organisasi atau Sekolah, Toko Online, dan lain-lain.Domain Gratis, Hosting Unlimited, Tampilan sesuai Permintaan, Aman dari Hacker. Hubungi: Telp./WA: +6281294635834

Subscribe

Mari bergabung dengan 3.889 pelanggan Babegus.com dengan memasukkan E-mail aktif Anda di bawah ini. E-mail Anda dirahasiakan. Terima kasih.